Umat Islam Di Macau Melaksanakan Sholat EID pada Hari Sabtu 18/07/2015

image  Ketika umat muslim di Indonesia sudah merayakan Hari raya lebaran 1syawal pada Hari jumat 17/07/2015, WNI( warga Negara Indonesia ) yang berada di Macau masih menunggu pemberitahuan Dari pihak Islamic Union kapan 1syawal dan pelaksanaan sholat EID . Banyak BMI yang penasaran dan  menunggu pengumuman Dari Panitia Pondok Ramadhan Dan Hari besar Islam Macau , terlihat dari postingan di akun FB masing-masing , juga di group Komunitas BMI Macau yang menanyakan kapan sholat EID di Macau.

Keresahan BMI yang menunggu pengumuman kapan jadwal sholat EID itu disebabkan kebanyakan BMI tidak libur di hari kerja , jadi perlu minta izin ke majikan untuk keluar melakasankan sholat EID nantinya. Tanggal 16/07/2015 sekitar jam 10.30pm kepast ian kapan Isyawal telah diterima oleh panitia pondok Ramadhan, yaitu 1syawal jatuh pada Hari sabtu 18/07/2015, Dan sholat EID dilaksanakan pada Hari sabtu pukul 10.00am.

Sekitar 5000 lebih umat Muslim dari berbagai negara berbondong-bondong datang ke masjid Moloyuen Macau . Jamaah kebanyakan dari BMI perempuan, sekitar 200 lebih jamaah laki-laki. Jamaah membludak hampir seluruh masjid dan halaman masjid penuh. Panitia sedikit kewalahan menyiapkan tambahan tempat untuk jamaah. Jamaah selain dari WNI juga dari Pakistan , Malaysia , India , Thailand , China, America dan Negara lainya.

Imam sholat EID  dari Pakistan, pukul 10.00am sholat EID di mulai , pada tahun ini terlihat media telivisi local meliput pelaksanan sholat EID tahun ini, setelah sholat selesei jamaah saling berjabat tangan Dan berpelukan haru biru suasana lebaran di tanah rantau. Dan BMI yang tidak libur kembali ke tempat kerja melanjutkan aktivitas kembali.

“Alhamdulillah pelaksanaan sholat EID berjalan lancar , walau kita Dari panitia kerepotan karena jamaah melebihi target, mungkin karena ini hari sabtu jadi banyak yang libur, atau juga kemungkinan majikanan teman-teman kita mendapatkan ijin untuk menunaikan sholat EID sangat perlu di syukuri ini ” tanggapan dari salah satu panitia mbak Ana Dari MATIM ( Majelis Taklim Macau ). Dan ungkapan kegembiraan juga di sampaikan oleh salah satu BMI yang di panggil Bunda ” saya sangat bahagia bisa di ijinkan majikan untuk keluar sebentar melaksanakan sholat EID di masjid, alhamdulillah rasanya seperti di kampung halaman berbaur dengan teman-teman di masjid ini”. Kebahagian menyambut lebaran , kepiluan jauh Dari keluarga, ketabahan Dan kesabaran yang di jadikan pegangan teman- teman BMI  untuk kuat Hidup di negeri orang demi cita-cita dan keluaraga tercinta.

Seluruh Anggota IMWU Macau mengucapkan Selamat Hari raya Isyawal 1436H , Mohon maaf lahir Dan batin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *