PERINGATKAN HUT RI KE 71 DI MACAU BMI ADAKAN UPACARA SEDERHANA DAN LOMBA AGUSTUSAN

Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya

Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya

 

Minggu 21 agustus 2016 , tepatnya jam 3.30 sore, sekitar 200 BMI di Macau berkumpul di lapangan Tapseac untuk merayakan dan memeriahkan peringatkan HUT RI ke 71. Peringatkan tahun ini terlihat beda dari tahun sebelumnya. Untuk setiap tahunnya IMWU dan Laskar Bledek Macau mengadakan acara rutin peringatkan HUT RI, dan kali ini antusias kawan- kawan BMI lebih semangat. Di tahun sebelumnya massa yang hadir sekitar kurang lebih 50-70orang saja. Ini adalah hasil mobilisasi yang IMWU Macau lakukan di media sosial tanpa mengenal lelah.

Pembukaan acara di awali doa yang di pimpin oleh Ibu. Rosyi dari GAMMI HK. Dan dilanjukan sambutan dari panitia yang menyampaikan isu perburuhan di macau, mengenai OS ( Over stay) yang saat ini menjadi topik hangat di Macau yang tidak mendapat penanganan yang baik dari KJRI di Macau. Dari tamu undangan yang hadir dari beberapa  organisasi BMI di macau , CARITAS, dan organisasi Philippina yaitu Migrante.

Memasuki acara inti yaitu perlombaan tradisi 17an terlihat begitu semangat kawan- kawan BMI mendaftarkan diri untuk berpartisipasi . Ada 4 permainan yang di perlombakan yaitu: tarik tambang, sendok kelereng, makan roti dan balap karung. Sorak sorai menyemangati peserta lomba terdengar memenuhi arena , dan menyita perhatian dari orang- orang yang lewat untuk berhenti sejenak dan mengabadikan moment itu dengan memotret ataupun merekam video.

Permainan demi permainan terlaksana dengan lancar dan selesei jam 18.00pm di tutup dengan penyerahan hadiah bagi pemenang. ” saya sangat senang bisa ikut acara hari ini, dan kita berharap tahun depan di adakan lagi secara rutin dan lebih menarik, juga kita mengharap acara di mulai lebih cepat jadi bisa lebih lama acaranya, karena ini terlalu sore kita sudah waktunya pulang”kata Adin dan kawan- kawannya. Dan beberapa kawan yang stayin pun memberi masukan yang sama untuk panitia.

IMG_4119

Rilis 21 Agustus 2016
Referensi: Roy Wardha, Koordinator IMWU Macau (‪+853 6647 9227‬)

“PERINGATI KEMERDEKAAN INDONESIA RI KE-71, IMWU-MACAU & LASKAR BLEDEK MACAU ADAKAN UPACARA SEDERHANA DAN LOMBA”

Meski dirantau, buruh migran di Macau tetap memperingati hari kemerdekaan bangsa Indonesia.
Bertempat di Taipasec-Macau SAR dan dihadiri 200 buruh migran,
Indonesian Migran Worker Union (IMWU-Macau) memeriahkan agustusan dengan perlombaan rakyat antara lain balap karung, balap kelereng, tarik tambang dan lomba makan roti.

“Kami berharap kegiatan ini lebih menyatukan buruh migran di Macau dan menghibur setelah sepekan penat kerja” jelas Roy selaku koordinator IMWU-Macau.

Acara dibuka dengan do’a dipimpin ibu Romlah Rosyidah, ketua GAMMI-HK, dan pengurus JBMI Hongkong.

“Meski di rantau kita tetap memeriahkan kemerdekaan sebagai wujud rasa cinta tanah air kita. Walaupun sesungguhnya, kita merasa masih belum merdeka sepenuhnya. Rakyat masih miskin, lapangan kerja sulit dan biaya hidup terus melambung tinggi. Kondisi ini memaksa kami (buruh migran) harus terpaksa keluar negeri dipisahkan dari orang-orang yang kita cintai. Namun cita-cita kita sama dengan para pejuang kita supaya bisa hidup sejahtera di negeri sendiri” jelas Roy dalam pidatonya.

Acara juga dihadiri oleh Caritas-Macau, Migrante dan organisasi-organisasi BMI di Macau.

Buruh migran yang hadir sangat antusias mengikuti acara dari awal hingga akhir. Mereka berharap kedepan semoga bisa rutin diselenggarakan. ###

 

Penyerahan hadiah edited_IMG_4113 FB_IMG_1471882317772

Lomba tarik tambang

Lomba tarik tambang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *