Pagelaran Ketoprak BMI Macau dalam rangka Peringatan hari KARTINI

Foto bersama pemain ketoprak, panitia acara, dan tamu undangan

Foto bersama pemain ketoprak, panitia acara, dan tamu undangan

Pererat persatuan BMI ( buruh migran Indonesia) Macau dan lestarikan budaya Indonesia di rantau, tema yang diusung di peringatkan hari Kartini yang diadakan oleh Sanggar budaya Laskar Bledek Macau dan Imwu Macau pada hari minggu 17 april 2016. Dan juga menyambut peringatkan hari buruh international, atau May day. Dipemetasan ketoprak yang berjudul ” joko sendang golek koyo” , ini adalah pertama kalinya Pagelaran ketoprak yang dimainkan oleh buruh migran Indonesia yang tergabung di sanggar budaya laskar bledek.

Di hadiri dan disaksikan sekitar 180orang ini diselenggarakan di gedung Kam pek community center San Malo, acara dimulai jam 2.30pm sampai jam 5.00pm. Diawali dengan tarian remong , di lanjutkan sambutan dari Koordinator Laskar Bledek, Mr. Brian dari University Macau, dan Sring ketua Imwu hk dan JBMI hk-mc yang menyampaikan isu koreksi data pasport dan imbasnya yang meresahkan BMI hk , juga Macau saat ini, dan juga penjabaran sejarah peringatkan may day.

Mengapa mengambil cerita “joko sendang golek koyo” adalah untuk penyesuaian dengan latar belakang kehidupan buruh migran, penyampaian isu kondisi BMI di macau , peraturan hukum perburuhan yang berlaku di Macau, juga kritikan untuk pemerintah Indonesia, dan juga KJRI. Penyampaian kampanye lewat cerita dan banyolan- banyolan pemain memudahkan penonton mengerti dengan pesan yang d sampaikan, menurut lina salah satu dari pemain. Terdengar juga ¬†dari beberapa penonton ketika masuk gedung dan di sambut dengan gamelan jawa mengatakan¬†” serasa bener- bener di Indonesia suasanya”

Selain untuk menghibur tujuhan diadakannya pagelaran ketoprak ini juga untuk menunjukan bahwa BMI pun mampu berkarya, disela-sela waktu senggangnya , setelah selesei bekerja ataupun mengisi waktu luangnya saat libur dengan kegiatan pisitif dan bermanfaat. Dengan Pagelaran ketoprak ini seharusnya bisa membuka mata pemerintah Indonesia yang diwakili KJRI hk , untuk melihat bahwa begitu banyaknya BMI berbakat baik di Hongkong ataupun di Macau kususnya yang tidak mendapat perhatian sama sekali dari pemerintah maupun KJRI hk.

Selain pemetasan ketoprak Imwu Macau di acara ini juga meyediakan buku panduan tentang hukum perburuhan di Macau, kontrak kerja, surat cuti, surat putus Kontrak , juga surat pengambilan dokumen . Acara ini di sponsor dan didukung oleh beberapa pihak yaitu BNI, PRIDE , pastoral, Imwu Hk, dan donatur-donatur lainya.

Harapan kedepanya semoga pemerintah lebih memperhatikan dan melindungi BMI di Macau, dan selain mengenalkan sanggar budaya laskar bledek kepada BMI , juga mengenalkan kebudayaan bangsa Indonesia kepada international, dan mengajak BMI seluruhnya untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan budaya bangsa .

 

By: Yosa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *