Dialog terbuka dengan labour department Macau

Pembicara Mr. Cheong & Ms. Lao dan penterjemah dari UM

Pembicara Mr. Cheong & Ms. Lao dan penterjemah dari UM Mr. Eric & Ms. Cristy

Tanggal 22 mei 2016 beberapa anggota IMWU MACAU menghadiri forum dialog yang diadakan oleh Konsulat Philippin dan CARITAS bertempat di gereja St. Joseph Haksawan Iao Hon 2. Peserta dialog sekitar 200an lebih dari buruh migran philippin. Di mulai jam 2.00pm dengan pembukaan oleh Konjen philippin juga penyerahan sertifikat penghargaan kepada pembicara.

Pembicara yaitu dari labour department macau dan human resource yang mengangkat tema ” Macau labour relastions law, minimum wage law and employees compensation insurance”. Pembicara menjelaskan tentang aturan-aturan yang ditetapkan pemerintah Macau mengenai hukum perburuhan ,hak dan kewajiban bagi pekerja non residents, penjabaran materi di jelaskan oleh masing-masing pembicara dari 2 instansi yaitu labour ( Mr. Cheong Weng I ) dan human resource ( Ms. Lao Ma Na ).

Session pertama penjelasan tentang

1. Jam kerja ( 8jam/hari)

2. Hari libur ( libur mingguan dan libur tahunan)

3. Cuti tahunan dan cuti sakit.

Session ke-2 pembahasan tentang:

1. Gaji minimum

2. Asuransi pekerja

Setelah kedua pembicara selesei di persilakan untuk menulis pertanyaan yang akan di bahas di session tanya jawab.

di session tanya jawab ini banyak yang menanyakan tentang uang tiket pulang kenegara asal apa majikan wajib membelikan, dan ini menjadi kekecewaan karena teryata pembicara menyatak untuk majikan wajib memberi tiket pesawat bila pekerja itu finis dan pulang ke tanah air. Dan apabila pekerja tidak pulang kampung maka majikan tidak wajib membelikan tiket pulang.          Dan ada pertanyaan apakah buruh migran bisa menerima long service bila bekerja satu majikan selama beberapa tahun, dan jawaban yang tidak memihak ke buruh migran yaitu” long service hanya untuk pekerja lokal saja.

Juga pertanyaan soal asuransi pekerja ” yang di tetapkan pemerintah dalam amadement perburuhan Macau menurut Ms. Lao bahwa konpensasi dan perlindungan hanya untuk pekerja security dan cleaning service ( pekerja formal). Dan juga upah minimum hanya untuk pekerja formal.

Acara selesei jam 5.00pm setelah session tanya jawab. Dan menurut Alex salah satu BMI yang hadir memberi tanggapan ” sangat senang untuk pertama kalinya gabung di acara seperti ini dan bermanfaat sekali, Seandainya saja teman-teman BMI di macau punya keinginan mau hadir d forum-forum seperti ini sangat bermanfaat , sayang sekali tidak banyak yang respond bila ada acara seperti ini” .

 

Narasumber: Yosa

Foto : Yosa

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *